Halaman

Selasa, 08 Januari 2013

Alasan IPA masuk kurikulum Sekolah Dasar




KRITERIA IPA DI MI/SD HARUS MENYESUAIKAN DENGAN KARAKTERISTIK SISWANYA, SEHINGGA DAPAT DIJABARKAN BAHWA KARAKTERISTIK IPA UNTUK SISWA MI/SD SEBAGAI BERIKUT:

1. Dari pembahasan materinya IPA di MI/SD membahas tentang tema-tema materi yang bersifat global.

2. Materi pada siswa kelas rendah mengenalkan tentang ruang lingkup siswa atau tentang kehidupan sehari-hari.

3. Materinya masih menyinggung dari alam yang ada di sekitar.

4. Sebagian besar pembelajaran di MI/SD masih menggunakan objek-objek yang ada dilingkungan sekitar, karena dengan hal itu siswa dapat memahami secara langsung mengenai pelajaran yang diajarkan serta berkenaan dengan memori anak yang masih sangat kuat.

5. Materi yang diajarkan banyak bersinggungan dengan hal-hal yang konkrit, karena siswa belum dapat berfikir abstrak (siswa kelas rendah).

6. Untuk kelas rendah masih banyak menggunakan media bergambar, karena pada tahap usia mereka masih gemar dengan gambar-gambar.

7. Materi IPA di MI/SD bersifat sederhana.

8. Dalam pembelajaran IPA di MI/SD siswa dilibatkan secara aktif karena pembelajaran IPA di SD merupakan wahana untuk membekali siswa dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diperlukan untuk melanjutkan pendidikan dan untuk menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan di sekelilingnya.

9. Pembelajaran IPA di MI/SD bersifat aktif yang melibatkan siswa secara lansung, baik fisik, mental maupun emosi.

10. Pembelajaran pendidikan IPA di MI/SD menuntut proses belajar mengajar yang tidak terlalu akademis dan verbalistik.

Alasan IPA dimasukkan dalam Kurikulum
Sains adalah ilmu pengetahuan yang mempunyai Obyek, menggunakan metode Ilmiah sehingga perlu diajarkan di Sekolah Dasar. Setiap guru harus paham akan alasan mengapa sains perlu diajarkan di sekolah dasar. Ada berbagai alasan yang menyebabkan satu mata pelajaran itu dimasuk ke dalam kurikulum suatu sekolah.
Usman Samatowa (2006) mengemukakan empat Alasan sains dimasukan dikurikulum Sekolah Dasar yaitu:

1. Bahwa sains berfaedah Bagi suatu bangsa, kiranya tidak perlu dipersoalkan panjang lebar. Kesejahteraan materiil suatu bangsa banyak sekali tergantung pada kemampuan bangsa itu dalam bidang sains, sebab sains merupakan dasar teknologi, sering disebut-sebut sebagai tulang punggung pembangunan. Pengetahuan dasar untuk teknologi ialah sains. Orang tidak menjadi Insinyur elektronika yang baik, atau dokter yang baik, tanpa dasar yang cukup luas mengenai berbagai gejala alam.

2. Bila diajarkan sains menurut cara yang tepat, maka sains merupakan suatu mata pelajaran yang memberikan kesempatan berpikir kritis; misalnya sains diajarkan dengan mengikuti metode "menemukan sendiri". Dengan ini anak dihadapkan pada suatu masalah; umpamanya dapat dikemukakan suatu masalah demikian". Dapatkah tumbuhan hidup tanpa daun?" Anak diminta untuk mencari dan menyelidiki hal ini.

3. Bila sains diajarkan melalui percobaan -percobaan yang dilakukan sendiri oleh anak. maka sains tidaklah merupakan mata pelajaran yang bersifat hafalan belaka.

4. Mata pelajaran ini mempunyai: nilai – nilai pendidikan yaitu mempunyai potensi yang dapat membentuk kepribadian anak secara keseluruhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar